Kamis, 21 November 2013

PENGOLAHAN LIMBAH POTONGAN KAYU KENDANG SENTUL MENJADI BAHAN BAKU DAN PRODUK BERNILAI EKONOMIS DI DESA SANTREN KELURAHAN SENTUL KOTA BLITAR


Pengertian Limbah dan Limbah Kayu

               Yang dimaksud dengan limbah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan. Sementara itu pengertian limbah kayu adalah kayu sisa potongan dalam berbagai bentuk dan ukuran yang terpaksa harus dikorbankan dalam proses produksinya karena tidak dapat menghasilkan produk (output) yang bernilai tinggi atau bisa juga diartikan sebagai sisa-sisa kayu atau bagian kayu yang dianggap tidak bernilai ekonomi lagi dalam proses tertentu, pada waktu tertentu dan tempat tertentu yang mungkin masih dimanfaatkan pada proses dan waktu yang berbeda.



Pengolahan Limbah Kendang Sentul

besarnya limbah yang dihasilkan dari pembuatan kendang sentul setiap harinya semakin meningkat setiap harinya dan apabila dibiarkan begitu saja tanpa ada pemanfaatan secara efisien, dikhawatirkan limbah kayu tersebut dapat mencemari lingkungan sekitarnya. 
Limbah potongan kayu dan serbuk kayu kendang dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh warga desa santren. Sisa-sisa potongan kayu dan serbuk kayu yang tidak terpakai diolah kembali menjadi produk bernilai ekonomis agar memiliki nilai kegunaan dan tidak berpotensi merusakan lingkungan.
Potongan kayu yang tersisa dapat dijadikan gantungan kunci,mahkota sangkar burung,rebana. Selama ini limbah serbuk kayu banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya yang selama ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya berdampak negatif terhadap lingkungan sehingga penanggulangannya perlu dipikirkan. Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah memanfaatkannya menjadi produk yang bernilai tambah sehingga hasilnya mudah disosialisasikan kepada masyarakat. Pengolahan limbah serbuk kayu bisa dimanfaatkan sebagai pengapian gula sangat mudah dan biaya produksinya pun sedikit, pot organik sebagai pengganti polybag, sebagai media tanam jamur.Namun tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk media tanam jamur, penanaman jamur biasanya menggunakan serbuk kayu sengon putih.

Manfaat pengolahan limbah kendang sentul

berbagai manfaat dapat dirasakan jika kita mengerti bagaimana cara memanfaatkan suatu hal dengan baik. Demikian juga halnya dengan mengolah limbah,manfaat yang dapat diperoleh dari pengolahan limbah kendang sentul berdampak langsung pada perekonomian masyarakat sekitar karena limbah tersebut dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomis dan mampu menciptakan lapangan kerja tersendiri bagi pihak yang mengolah.
Manfaat yang didapat dari pengolahan limbah potongan kayu dan serbuk kayu mampu menekan biaya pengeluaran rumah tangga.dengan cara menghemat bahan bakar seperti minyak tanah,LPG dan lain-lain dengan menggunakan briket arang karena bahan bakunya berasal dari limbah yang dengan mudah dapat kita peroleh dimana-mana. diharapkan hal tersebut dapat teratasi dan mampu menolong rakyat kecil karena saat ini minyak tanah telah langka, dan harga gas LPG melonjak. Sisa potongan kayu biasanya dijual kembali dengan harga relatif sangat murah dan masyarakat memanfaatkan limbah kayu sebagai pengganti kayu bakar. Tentu saja hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya karena selain menghemat uang masyarakat juga bisa menekan biaya yang dikeluarkan setiap harinya.
Manfaat lain yang diperoleh adalah seseorang mampu membuka usaha sendiri dengan cara mengolah limbah kayu tersebut, daya kreatifitas sangat dibutuhkan dalam hal ini tergantung bagaimana orang tersebut memanfaatkan peluang kerja yang ada tanpa harus memiliki modal yang besar.misalkan saja orang tersebut memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan tempat pensil,kotak pensil,hiasan dinding dan barang bermanfaat lainnya lalu dijual dengan harga yang terjangkau hal semacam ini akan mengundang konsumen untuk membeli barang-barang tersebut.
            Selain bermanfaat sebagai produk bernilai ekonomis, pengolahan limbah kayu juga dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan. Pengolahan tersebut dapat menekan kerusakan lingkungan akibat pembakaran dan pembuangan limbah sembarangan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat. Menerapkan etika lingkungan sebagai pedoman agar kita sadar bahwa nantinya masih ada generasi penerus.Ekoefisiensi dalam pengolahan limbah disini maksudnya pengolahan limbah potongan kayu dan serbuk kayu diharapkan dapat berimbas positif terhadap lingkungan.



Hasil Pengolahan Limbah Kendang Sentul yang Bernilai Ekonomis

Dibawah ini terdapat beberapa hasil pengolahan limbah potongan kayu dan serbuk kayu yang dapat dimanfaatkan kembali.



Daftar gambar :

Gambar 1.1 Kayu yang belum diolah
 
Gambar 1.2 Kayu yang telah diolah menjadi kendang setengah jadi

Gambar 1.3 Sisa potongan kayu

Gambar 1.4 Limbah serbuk kayu


Gambar 1.5 Proses pembuatan kendang

Gambar 1.6 Kendang yang sudah jadi

2 komentar: